Definisi Komunikasi

definisi komunikasi
Kita pasti sudah tidak asing dengan istilah komunikasi. Dalam setiap aspek kehidupan manusia tidak dapat lepas dari proses komunikasi, hal ini karena manusia adalah makhluk sosial yang hidup bermasyarakat (zoon polition). Sebagai makhluk sosial, manusia tidak hanya mengandalkan kekuatannya sendiri, tetapi membutuhkan manusia lain dalam beberapa hal tertentu. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena itu manusia melakukan komunikasi untuk menyampaikan pemikiran dan perasaanya. Ingin tahu bagaimana menciptakan komunikasi efektif? Baca: 7C Komunikasi untuk Komunikasi Efektif.

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia Komunikasi  adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Secara umum komunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Komunikasi verbal adalah penyampaian pesan atau informasi melalui bahasa atau lisan kepada orang lain. Sedangkan komunikasi nonverbal adalah penyampaian pesan atau informasi melalui isyarat atau ekspresi tubuh. pembahasan lebih jauh tentang komunikasi nonverbal bisa anda baca di Fungsi Komunikasi Nonverbal.

Istilah komunikasi berasal dari bahasa Latin communis yang berarti 'sama'. Communicocommunicatio atau communicare yang berarti membuat sama (make to common). Secara sederhana komuniikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.
Banyak para pakar yang telah mendefinisikan pengertia komunikasi. Berikut ini beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli:

1.      Harold Laswell
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what effect?).

2.      Shannon & Weaver
Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.

3.      Raymond S. Ross
Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.

4.      Alo Liliweri
Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.

5.      Carl I.Hovland
Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain.

6.      Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss
Komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih.

 

7.      Everett M. Rogers

Beliau mengemukakan pendapatnya yaitu Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerimaan atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

 

8.      Rogers & O. Lawrence Kincaid

“Komunikasi merupakan suatu interaksi dimana terdapat dua orang atau lebih yang sedang membangun atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada akhirnya akan tiba dimana mereka saling memahami dan mengerti”.

 

9.      Theodore M. Newcomb

Setiap bentuk komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber untuk penerima.

 

10.  Murphy & Mendelson

Menurutnya Komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun & mempertahankan hubungan interpersonal.

 

11.  Gerald R. Miller

Menurutnya Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.

 

12.  Raymond Ross

Menurutnya Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu penerima pesan membangkitkan respons/makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

 

13.  William Albig

Menurutnya Komunikasi adalah proses pengoperan lambang yg berarti diantara individu-individu.

14.  Bernard Barelson & Garry A. Steiner

Menurutnya Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.

15.  Colin Cherry

Menurutnya Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.

16.  William J. Seller

Menurutnya komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.

17.  Onong Uchjana Effendy

Menurutnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)


Demikian postingan mengenai definisi komunikasi. Anda juga bisa membaca Ternyata Ini Rahasia Menggunakan Body Language Agar Sukses Saat Presentasi dan Tips Sukses Komunikasi. Semoga bermanfaat!!!

Share this

Related Posts

Latest
First